Pernah menggunakan Facebook? Kalau kita
bisa mengakses tulisan ini, tentu saja kita adalah salah satu pengguna
internet. Jarang sekali ada pengguna internet yang tidak memiliki akun
Facebook. Kecuali
pengguna internet tersebut memang tidak tertarik dengan media sosial.
Setiap hari newsfeed #Facebook
dipenuhi dengan beragam jenis posting, baik berupa share post, update
status, tag foto atau konten-konten lainnya. Secara tidak langsung
keadaan ini membuat kita sering melakukan membaca screening di Facebook
supaya bisa mendapatkan info menarik dalam waktu singkat.
Sebuah penelitian tentang #media sosial
menyebutkan bahwa tingkat perhatian rata-rata orang adalah sebesar 8
detik. Jadi, hasil penelitian ini secara tidak langsung membuat kita
harus pandai mengolah konten Facebook untuk menarik perhatian banyak
orang dalam waktu kurang dari 8 detik.
Nah dengan waktu yang sangat singkat
tersebut, konten bertipe storytelling bisa menjadi pilihan. Apa sih
konten storytelling itu? secara umum konten storytelling memiliki makna
konten yang dapat “bercerita” memberikan gambaran yang luas namun
dirangkun dalam bentuk yang padat.
Nah, kini konten storytelling seperti apa yang mampu menarik perhatian para pengguna Facebook?
1. Gunakan Konten Video!
Kalau satu gambar saja bisa menjelaskan
ribuan makna berarti video yang merupakan konten audio visual tentu bisa
mewakili maksud kita dalam menyampaikan sesuatu. Survey yang dilakukan
oleh HootSuite menyatakan bahwa konten video di Facebook biasanya
dishare dengan jumlah 12 kali lipat lebih banyak daripada jenis konten
lainnya.
Dari 10 konten yang paling banyak di
share di Facebook selama tahun 2014, 8 diantaranya adalah konten
berformat video. Beberapa brand bisnis raksasa seperti Samsung sudah
mulai memanfaatkan hal ini untuk menciptakan konten video yang unik dan
berkualitas demi menarik perhatian banyak orang.
Artikel lain: Tips Membuat Video Bisnis yang Menarik di Facebook
2. Kekuatan Gambar yang Dikirim Oleh Pengguna Facebook
Konten visual berupa gambar yang
dikirimkan oleh pengguna Facebook ternyata bisa dimanfaatkan secara
efektif oleh brand bisnis yang menggunakan Facebook. Contohnya, ketika
suatu brand kamera digital mendapatkan tag foto dari salah seorang
pelanggan yang sudah mencoba kualitas kamera, maka hal ini menjadi
kesempatan yang brilian.
Kita tinggal melakukan share post dengan
menyertakan foto tersebut dan ucapan terimakasih atas share foto yang
sudah diberikan pada kita. Tidak perlu banyak kata untuk membuktikan
kualitas produk kamera, karena kualitas gambar yang di share sudah
menjadi jawaban mutlak.
3. Perkenalkan Maskot yang Ingin Dipopulerkan
Maskot biasanya menjadi salah satu upaya
branding yang dipakai untuk menegaskan identitas bisnis. Tentu ada
alasan mengapa kita memilih bentuk dan warna maskot yang saat ini kita
pakai. Nah, kita bisa kok memanfaatkan maskot tersebut untuk membuat
suatu konten yang menarik.
Seperti halnya coklat M & M’s yang
sukses membuat konten visual dengan maskot coklat yang bentuknya lucu
dan menggemaskan. Maka dari situlah kita bisa mempelajari banyak hal
tentang konten visual. Tunjukkan keunggulan dan identitas maskot yang
sesuai dengan tujuan bisnis yang ingin kita perkenalkan.
4. Jangan Lupa Gunakan Caption
Meskipun sudah mem-posting video atau
gambar yang luar biasa kerennya, namun caption yang tepat tetap
diperlukan untuk mendukung konten storytelling yang akan dikisahkan.
Tidak perlu caption yang terlalu panjang untuk menceritakan maksud
konten yang ingin kita sampaikan. Cukup 1 sampai 2 kalimat saja supaya
ada rasa penasaran yang bisa memancing pengguna Facebook melihat atau
membuka konten yang kita posting.
5. Perbanyak Referensi
Ide untuk membuat konten visual atau
konten audio visual yang menakjubkan pasti tidak lantas datang begitu
saja. Kita harus rajin memperkaya diri sendiri dengan
referensi-referensi yang kreatif supaya kita terbiasa untuk mewujudkan
ide-ide kreatif. Dari pembelajaran referensi secara teratur,
maksud-maksud yang ingin kita sampaikan bisa dituangkan dengan mudah
pada konten visual atau konten audio visual.
Sekarang keputusan tentu kembali lagi ke
tangan kita. Akan seperti apa konten yang akan kita posting di
Facebook? Yang pasti konten storytelling bisa menjadi salah konten yang
unik dan menggugah ketertarikan banyak orang.
Demikian artikel ini saya buat, mudah-mudahan bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment
Terimakasih telah mengunjungi blog kami, mudah-mudahan kalian semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
Silahkan coment yang santun,dan juga baik.