Kali ini saya akan memberikan trik ringkas memaksimalkan peran Costumer Service.
Hal apa yang pertama kali kita pikirkan ketika mendengar kata customer service?
Seseorang yang mengangkat telepon kita
dan memberitahu informasi mengenai suatu produk atau jasa biasanya
disebut sebagai customer service. Tapi kini customer service bukan hanya
bisa mendeskripsikan si penerima telepon lho. Karena media sosial juga
bisa menjadi tempat bekerja bagi customer service.
Kini pelayanan bisnis tidak hanya bisa
diberikan melalui layanan telepon, namun juga bisa melalui posting dan
komentar di media sosial. Dengan alasan itulah, kita perlu memaksimalkan
peran customer service melalui media sosial seperti #Facebook dengan beberapa trik berikut ini:
1. Jangan Lupa untuk Memberikan Feedback
Rasanya tentu senang sekali kalau ada
pelanggan yang memberikan posting foto dan testimoni memuaskan terkait
dengan produk bisnis kita. Nah, inilah yang menjadi tugas para customer
service untuk menanggapi testimoni dan pujian dari para pelanggan.
Selain memberi like pada posting
tersebut, customer service juga bisa memberikan komentar yang
menyenangkan dan bersifat netral untuk menunjukkan perhatian pada para
pelanggan. Walaupun bisnis yang kita rintis merupakan bisnis yang sangat
besar, behavior ini tetap dibutuhkan untuk menjaga hubungan baik dengan
para pelanggan.
2. Berikan Penjelasan dan Transparansi pada Para Pelanggan
Banyak sekali brand bisnis yang takut
dan gugup dalam menanggapi keluhan dan kritik pedas dari para pelanggan
yang di-posting melalui Facebook. Padahal memberikan tanggapan sangat
penting untuk menjaga citra bisnis. Dalam menghadapi hal ini, customer
service harus bertindak lebih sabar dan berkepala dingin untuk segera
memberikan tanggapan yang diplomatis dan memuaskan.
Jika si pelanggan yang komplain merasa
sangat dirugikan, tawarkanlah bantuan untuk menuntaskan masalah sesegera
mungkin. Kemampuan untuk menghadapi kritik dari pelanggan dengan cara
yang bijak bisa menjadi nilai tambah bagi perkembangan bisnis kita. Oleh
karena itu, profesionalitas customer service di Facebook adalah
prioritas nomor satu.
3. Jawablah Kritik dan Keluhan dengan Cepat
Menjawab kritik dan keluhan dari
pelanggan dengan cepat menjadi tanda bahwa bisnis kita memiliki
kesungguhan untuk memberikan pelayanan terbaik. Kalau memungkinkan,
usahakan agar customer service menjawab pertanyaan, kritik atau keluhan
tersebut selambat-lambatnya sepuluh menit setelah kritik atau keluhan
diposting.
Beri tahu tim customer service untuk
tidak menghapus segala bentuk komentar, kritik atau keluhan bernada
negatif dari akun bisnis di Facebook. Karena hal ini malah bisa
menimbulkan reaksi negatif dari pelanggan yang kecewa. Bisa saja
pelanggan tersebut malah bertambah emosi dan akhirnya menyebarkan
informasi mengenai citra buruk tentang bisnis kita. Kita tentu tidak
menginginkan hal ini terjadi, bukan?
4. Memberikan Tanggapan Secara Berurut
Tidak setiap saat tim customer service
bisa standby untuk menanggapi keluhan dari pelanggan di Facebook.
Padahal memberikan feedback secara berurut sangat penting untuk
menunjukkan sisi profesionalitas dalam memberikan service after sales.
Salah satu solusi yang paling ampuh yaitu dengan menggunakan #aplikasi
untuk mengurutkan komentar dan keluhan secara real time. Aplikasi
seperti Salesforce Desk dan Zendesk membantu kita untuk menyusun jawaban
yang sesuai dengan keluhan atau pertanyaan pelanggan di Facebook.
5. Memantau Diskusi yang Dilakukan Pelanggan
Kadangkala ada diskusi yang dilakukan
oleh para pelanggan melalui akun bisnis kita di Facebook. Tugas customer
service dalam menanggapi hal ini adalah memantau dan segera memberikan
bantuan jika ada pertanyaan yang harus segera dijawab. Untuk mempermudah
proses pemantauan, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi Facebook
sehingga semua pertanyaan, komentar, like atau share bisa diamati secara
mudah secara real time.
6. Ingat Selalu Kalau Memasang Iklan di Facebook
Sama seperti jenis posting-an biasa,
iklan yang dipasang di Facebook (Facebook Ads) juga bisa menerima
komentar dan pertanyaan dari para pengguna Facebook yang melihat iklan
tersebut. Jangan sampai kita lupa kalau kita sedang memasang iklan di
Facebook dan akhirnya iklan tersebut berakhir dengan pertanyaan atau
komentar yang belum sempat dijawab customer service.
Dalam satu hari, sebaiknya minimal satu
hingga 2 kali customer service memeriksa tanggapan atau komentar
mengenai iklan tersebut.
Wah, tidak mengherankan kalau profesi customer service di #media sosial
saat ini menjadi profesi baru yang unik sekaligus tricky untuk
dijalankan. Kalau kita tidak sempat mengelola akun bisnis di Facebook
atau media sosial lainnya, kita bisa mencoba untuk merekrut tenaga
customer service yang handal dan profesional untuk menjaga reputasi
bisnis.
0 comments:
Post a Comment
Terimakasih telah mengunjungi blog kami, mudah-mudahan kalian semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
Silahkan coment yang santun,dan juga baik.